Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

 

Latar Belakang


Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

 

Jadwal


Registrasi Akun LTMPT : 07 Februari – 05 April 2020
Pendaftaran UTBK : 30 Maret – 11 April 2020
Pelaksanaan UTBK : 20 – 26 April 2020
Pengumuman Hasil UTBK : UTBK 12 Mei 2020

 

Program Studi Ditawarkan


1. ILMU HUKUM
2. ILMU EKONOMI
3. AKUNTANSI
4. MANAJEMEN
5. ILMU POLITIK
6. ILMU KOMUNIKASI
7. JURNALISTIK
8. KIMIA
9. MATEMATIKA
10. TEKNIK ARSITEKTUR
11. TEKNIK PERENC. WIL. & KOTA
12. ILMU PETERNAKAN
13. SISTEM INFORMASI
14. PENDIDIKAN DOKTER
15. KESEJAHTERAAN SOSIAL
16. HUBUNGAN INTERNASIONAL

 

Persyaratan Pendaftaran


  1. Tamatan SMA/SMK/MA/MAK/MAN/MAS Pesantren, SMTA Luar Negeri, Ujian Persamaan tahun berjalan, atau paling lama kelulusan 3 tahun terakhir (2018, 2019 dan 2020) dan berlaku untuk ujian tulis lokal dan nasional. Untuk jalur prestasi lulusan ujian nasional (UN) tahun 2020 (SNMPTN dan SPAN-PTKIN).
  2. Kesehatan fisik tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studi pilihan (contoh: prodi yang dipersyaratkan dapat membedakan warna, mahasiswa tidak boleh buta warna) daftar prodi prasyarat lihat di www.uin-alauddin.ac.id.
  3. Untuk yang memilih prodi keperawatan dan kebidanan, Tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150 cm bagi perempuan
  4. Bebas narkoba untuk semua program studi.
  5. Untuk yang lulus Program Studi Pendidikan Dokter informasi tahapan berikutnya dapat dilihat di www.uin-alauddin.ac.id atau langsung ke prodi Pendidikan Dokter
  6. Ketentuan pada poin 1, 2, 3 & 4 wajib dipenuhi dan jika calon maba sudah dinyatakan lulus kemudian tidak memenuhi poin tersebut diatas sesuai pemeriksaan berkas, dan surat keterangan poliklinik UIN Alauddin, maka dinyatakan gugur.
  7. Calon Mahasiswa yang lulus dinyatakan mengundurkan diri jika semua tahapan pendaftaran ulang tidak diikuti sesuai jadwal

 

 

Registrasi


REGISTRASI AKUN LTMPT
WAJIB bagi semua calon pendaftar SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN
melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id

 

Unduh


Unduh leaflet disini